Sunday, June 22, 2014

10 Cara Cepat Meningkatkan Traffic dan PageRank Website

Tips Meningkatkan Traffic Pengunjung Web - Wikipedinet
Saat ini ada banyak blogger yang menulis artikel tentang cara meningkatkan seo dan traffic web atau blog.
Ada banyak artikel yg membahas tentang cara meningkatkan traffic blog atau web akan tetapi masing - masing memiliki cara maupub trik yang berbeda-beda. Pada kesempatan ini, Wikipedinet yang merupakan salah blog SEO Indonesia terbaik akan memberikan tips dan trik yang akan membahas rahasia dan strategi serta sedikit pengalaman mengenai SEO dan cara menignkatkan traffic web.

Apakah Pageviews dan Traffic sama? Tidak. Traffic jauh lebih rumit dibanding jumlah pageview, meski cara meningkatkannya hampir sama. Traffic blog digunakan sebagai bahan analisis blog/website secara utuh untuk mengetahui banyak hal, dari tingkat pengunjung (visitor), pageview, hingga trends yg sedang berlaku. Traffic merupakan tujuan utama dari berbagai usaha yg dilakukan blogger/webmaster. Oleh karena itu, artikel ini akan lumayan panjang.

Pengertian Traffic Blog atau Traffic Website
Traffic pada blog maupun website adalah jumlah data yg tercatat dengan algoritma otomatis yang disediakan oleh server. Traffic ditentukan dari jumlah visitor dan jumlah halaman yg dikunjungi. Blog/web menggunakan data ini untuk mengetahui traffic yg datang dan pergi (incoming and outgoing traffic), halaman apa saja yg paling banyak dikunjungi (popular), topik mana saja yg menjadi trend, serta mengetahui tingkat pengunjung serta popularitas blog/web secara keseluruhan. Data ini kemudian digunakan untuk mengevaluasi struktur blog/web, menentukan topik, melihat kelemahan-kelemahan, dan lain-lain.

Jadi, Traffic jauh lebih dari sekedar indikator keramaian suatu web atau blog. Apabila kita bisa memanfaatkan data traffic dengan baik, kita dapat memperbaiki banyak hal serta terus meningkatkan traffic tersebut. Salah satu layanan analisis traffic yg paling dikenal tentu saja adalah Alexa. Kita dapat melihat kondisi-kondisi blog/web dari segi jumlah visitor, reach, pageview, search, demografi pengunjung, search trend, bounce rate, dll. Layanan analisis traffic lain yg lebih rumit dan memiliki algoritma yang lebih rumit adalah Google Analytics.

Tips dan Trik Meningkatkan & Mempertahankan Traffic dan PageRank Website
Cara-cara meningkatkan traffic  sangat banyak. Masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri. Tips yg saya sampaikan kali ini memuat cara-cara manual dan (maaf) saya tidak memuat cara-cara super singkat seperti link scheme, traffic exchange, spamming, hingga spam link referrer yg sangat dibenci search engine & pengunjung karena merugikan serta hanya menghasilkan traffic palsu.

Dibawah ini merupakan cara meningkatkan traffic dan pagerang web atau blog:

1. Membuat Konten Yang Berkualitas Untuk Web dan Blog Anda.
Membuat Konten Artikel Berkualitas - www.tipsdantrik.co
Sebelum fokus pada publikasi serta promosi blog anda, persiapkan segalanya dengan matang. Isi dengan konten yang berkualitas dan tidak menipu pembaca anda. Buatlah artikel yang nantinya akan membuat pengunjung blog Anda kembali lagi. Pembahasan mengenai penulisan konten bisa dilihat disini: TRIK SEO - Cara Menulis Artikel Untuk Meningkatkan Kualitas SEO Web dan Blog.



2. Buat Kontent Yang Unik, Asli, Baru dan Berguna.
Cara Menulis Artikel Menarik - www.tipsdantrik.co
Konten unik serta asli memiliki peluang besar untuk mempertahankan pengunjung agar kembali ke blog Anda untuk melihat update artikel selanjutnya. Jangan pernah mengisi blog dengan artikel-artikel plagian (copy-paste), karena ini dapat menurunkan tingkat kepercayaan pengunjung terhadap blog dan penulisnya. Selalu update konten blog Anda karena pengunjung biasanya meyukai hal-hal baru. Pembahasan mengenai cara membuat artikel yang unik bisa dilihat disini: Cara Menulis Artikel Yang Unik dan Menarik.

3. Analisa Trending Topic atau topik-topik yg ramai dikunjungi di Web atau Blog Anda.
Cara paling mudah adalah dengan mengevaluasi blog sendiri, kira-kira artikel mana yg paling banyak dikunjungi. Pelajari blog-blog serupa (saingan Anda), untuk mendapatkan topik yang sedang trend saat ini. Pembahasan mengenai trending topic yang unik bisa dilihat disini: Belajar Menganalisa Trending Topic.

4. Sering-seringlah mampir ke blog yang lain dan tinggalkan jejak.
Ketika memberikan komentar, jangan asal bilang "kunjung balik donk!", atau hanya sekedar meninggalkan url atau link blog saja. Dengan cara itu, efeknya tidak besar, justru hanya akan memberikan dampak buruk bagi kredibilitas blog. Isilah dengan komentar berkualitas sesuai topik, baca artikelnya benar-benar. Sebagai identitas komentator, cukup tinggalkan link blog dengan anchor text nama/identitas jelas pada tempatnya. Buat si pemilik blog tertarik & ingin tahu siapa Anda dan bagaimana blog Anda.

5. Media Sosial / Social Media.
Saat ini Social media menjadi sarana promosi terbesar dan paling cepat. Perkenalkan blog & konten Anda melalui social media. Rajin-rajinlah melakukan Share link blog/artikel. Sebagai contoh gunakan fasilitas auto publish artikel ke Facebook agar lebih maksimal. Perkuat branding blog Anda dengan Facebook Page, Google+, Twitter, LinkedIn, Orkut, dll. Aktiflah pada social media tersebut dengan melakukan komunikasi, tawaran-tawaran, ide/gagasan, berita singkat, dll. Jangan hanya sekedar share link blog/artikel.

6. Tools untuk membangun Social Media untuk blog Anda.
Tools Social Media - www.tipsdantrik.co
Pengunjung yg menyukai artikel blog dapat dengan mudah menemukan tools yg dapat digunakan untuk membagikan konten/blog kesukaan mereka ke media sosial. Beberapa tools social share adalah: FB Like Box, FB Like Button, FB Follow Button, Tweet Button, Google +1 Button, serta share buttons lainnya. Silahkan lihat tools yang biasa digunakan para SEO Master disini: 10 Tools Canggih Untuk Social Media Marketing

7. Maksimalkan struktur dan navigasi blog Anda.
Buatlah artikel yang didalamnya terdapat link yang berhubungan dengan artikel lainnya. Hal ini akan menambah Boubnce Rate blog Anda. Pembahasan mengenai Internal Linking bisa dilihat disini: Cara Membangun Internal Linking.

8. Buat Brand Yang Memiliki Kredibilitas Tinggi.
Branding memiliki efek besar bagi pengunjung. Sebuah brand yang terlihat unik akan menimbulkan kesan & tertanam dalam ingatan pengunjung meskipun mereka tidak secara sengaja melihat, mendengar atau membacanya. Salah satu upaya branding adalah membuat logo. Buatlah logo blog yang unik supaya pengunjung dapat mengenalinya sebagai blog Anda.. Kepercayaan sangat penting bagi pengunjung.

9. Sebar luaskan artikel anda melalui situs social bookmarking.
Link Building sangat penting dalam SEO. Anda sangat beruntung hidup di masa dimana sudah banyak situs social bookmarking. Salah satu diantaranya adalah Lintas.me, Mintalk, Tumblr, dll.

10. SEO yang baik adalah SEO yang Google Friendly.
Seperti kita tahu, search engine (khususnya Google) adalah sumber traffic terbesar sehingga kita tidak dapat mengabaikannya begitu saja. Itulah mengapa banyak blogger berbondong-bondong berlomba meningkatkan SEO bagi blog mereka. Lakukan usaha SEO yang konsisten dan maksimal.

Kesimpulan dari 10 poin diatas adalah Anda harus konsisten dan sabar. Membangun suatu blog atau website yang mudah dicari membutuhkan waktu yang cukup banyak.

Untuk pertanyaan dan komentar, silahkan tinggalkan jejak di bawah :)

Disqus Comments