Monday, June 23, 2014

Cara Menulis Artikel Untuk Meningkatkan Kualitas SEO

WikipedinetHalo blogger, kali ini kita akan membahas cara menulis artikel atau konten yang baik dan berguna untuk meningkatkan kualitas SEO di web atau blog. Silahkan disimak ya :)

Artikel adalah sekumpulan tulisan dan gambar berkisar antara 300 sampai 1.000 kata, yang membahas tema tertentu yang ditujukan untuk menyampaikan pikiran terhadap sebuah realitas, baik berupa fakta, atau pun konsep tertentu.

Secara umum, langkah-langkah menulis artikel dapat kita bagi menjadi beberapa bagian penting, sbb:

1. Tentukan Tema. Tema haruslah spesifik. Semakin spesifik semakin menarik minat pembaca.
2. Tetapkan tujuan penulisan. Artikel terbagi menjadi deskripsi dan narasi, tidak menyatakan tujuan penulisan secara jelas melainkan terselubung dalam paragraf.
3. Rumuskan ide pokok atau masalah dalam bentuk pertanyaan. Dalam penulisan artikel, biasanya pertanyaan yang menjadi ciri rumusan masalah ini tersirat ketimbang tersurat, khususnya pada artikel jenis deskripsi dan narasi.
4. Kembangkan tema dan pembahasan sesuai dengan jenis artikel (Penjabaran lebih lanjut saya uraikan dibawah)
5. Buatlah kesimpulan.


Artikel Deskripsi
Artikel deskripsi adalah karangan yang bertujuan untuk menulis gambaran suatu fakta sehingga pembaca dapat membayangkannya di dalam pikiran.

Cara Penulisan Artikel Deskripsi
1. Tentukan objek, baik berupa keadaan atau konsep yang mau dideskripsikan.
2. Tentukan tujuan penulisan.
3. Tentukan ide pokok.
4. Kembangkan tulisan menjadi urutan Apakah berdasarkan urutan waktu: pagi, siang, sore; atau jam 2, jam 3, jam 4; atau tahun 2012, tahun 2013, tahun 2014; dll.
5. Tutup dengan paragraf yang menyimpulkan obyek yang dideskripsikan.

Artikel Narasi
Artikel narasi biasanya menceritakan suatu keadaan atau situasi, baik berdasarkan urutan waktu atau urutan kejadian. Dalam tulisan ini harus ada tokohnya. Seperti dalam cerita pada umumnya, sang tokoh digambarkan sebagai sosok yang berhadapan dengan konflik kehidupan. Konflik inilah yang akan membuat tulisan jenis ini menarik. Apabila tidak ada konflik, maka sebuah narasi akan menjadi basi.

Cara penulisan artikel narasi :
1. Tentukan tema.
2. Tentukan tujuan.
3. Tentukan ide pokok.
4. Kembangkan tulisan dengan membuat alur cerita: awal, tengah, dan akhir. Pada bagian awal, buatlah pembukaan yang menarik. Pada bagian tengah, gambarkan konflik hidup si tokoh dari awal sampai pada akhirnya atau klimaks.
5. Setelah itu, buatlah anti klimaks sebagai penutup.


Artikel Eksposisi
Ertikel jenis ini merupakan karangan yang bertujuan untuk menguraikan suatu topik. Dapat berupa uraian tentang definisi, fungsi, bagian dan kegunaan suatu konsep. Dapat juga berupa langkah, cara atau proses mengerjakan sesuatu.

Cara Penulisan Artikel Eksposisi :
1. Tentukan tema.
2. Tentukan tujuan.
3. Tentukan rumusan ide pokok.
4. Bila karangan ditujukan untuk menjelaskan pengertian, maka kembangkan karangan dengan menyajikan data dan fakta untuk menguatkan definisi atau proses.
5. Dan bila karangan ditujukan untuk menjelaskan proses, maka detilkan prosesnya.
6. Berikan kesimpulan.


Artikel Argumentasi
Artikel ini berupa karangan adu argumen. Penulisannya dilatar-belakangi oleh kritik terhadap suatu pendapat. Penulis biasanya akan memasukkan pendapat pribadi kedalam tulisan.

Cara Penulisan Artikel Argumentasi :
1. Tentukan tema.
2. Tentukan tujuan.
3. Tentukan ide pokok.
4. Kembangkan karangan dengan menyajikan data dan fakta untuk menguatkan pendapat sendiri dan melemahkan pendapat lain.
5. Berikan kesimpulan.


Artikel Persuasi
Artikel jenis ini terkenal juga dengan arikel motivasi. Sebab penulisannya bersifat membujuk alias persuasif. Efeknya dapat menggerakkan pembaca untuk melakukan atau mengikuti sesuatu.

Cara Penulisan Artikel Persuasi :
1. Tentukan tema.
2. Tentukan tujuan.
3. Tentukan ide pokok.
4. Kembangkan karangan dengan menyajikan data dan fakta untuk meyakinkan orang lain sehingga dapat menggerakkan mereka.
5. Berikan kesimpulan.

Artikel memiliki dua cara penulisan,yaitu Fiksi dan  non-fiksi. Untuk lebih jelasnya silakan cari di google atau wikipedia.

Note: Apabila anda bukan tipe penulis yang sabar, silahkan cari penyedia jasa edit konten, penulis konten web, atau copy-writer. Banyak kok yang bertebaran di google.
www.tipsdantrik.co


Demikian "Cara Menulis Artikel Untuk Meningkatkan Kualitas SEO Web dan Blog" ini kami buat.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Untuk lanjutan dari artikel ini, silahkan lihat juga 10 Cara Cepat Meningkatkan Traffic dan PageRank Website - Juara SEO

Salam Blogger :)
Disqus Comments