Wednesday, July 23, 2014

Pengenalan Media Sosial - Twitter

Pengenalan Media Sosial - Twitter - Wikipedinet Wikipedinet - Kali  ini kita akan membahas tentang Pengenalan Media Sosial - Twitter. Twitter merupakan jejaring sosial dan tergolong sebagai microblog yang dibuat oleh Jack Dorsey. Twitter mengalami pertumbuhan yang pesat dan dengan cepat meraih popularitas di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Terhitung sampai bulan Januari 2013, terdapat lebih dari 500 juta user terdaftar di Twitter, 200 juta di antaranya merupakan pengguna aktif. Lonjakan penggunaan Twitter umumnya berlangsung saat terjadinya peristiwa-peristiwa populer. Pada awal 2013, user Twitter mengirimkan lebih dari 340 juta kicauan per hari, dan Twitter menangani lebih dari 1,6 miliar permintaan pencarian per hari.

Dibandingkan dengan web pesaingnya (Facebook), Twitter mempunyai kelebihan yang disebut Real Time Timeline. Yang kemudian diadopsi oleh Facebook (seperti yang kita rasakan sekarang ini).

SEJARAH TWITTER


Twitter, pada mulanya berawal dari acara diskusi yang diadalkan oleh sebuah perusahaan podcast bernama Odeo. Jack Dorsey, seorang mahasiswa sarjana di Universitas New York, mengemukakan gagasannya mengenai penggunaan layanan pesan singkat untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Nama kode proyek asli untuk layanan ini adalah "twttr". Gagasan yang kemudian diungkapkan oleh Evan Williams dikemukakan oleh Noah Glass terinspirasi oleh Flickr dan kode singkat SMS Amerika yang jumlahnya lima digit. Para pengembang awalnya memutuskan angka "10958" sebagai kode singkat untuk layanan ini, namun kemudian diubah menjadi "40404" untuk kemudahan "penggunaan dan pengingatan." Pengerjaan proyek ini dimulai pada tanggal 21 Maret 2006, ketika Dorsey memublikasikan pesan Twitter pertamanya pada pukul 9:50 PM. Pesan tersebut berbunyi:
"just setting up my twttr".

Logo Twitter - Larry The Bird - wikipedinet.blogspot.com
Logo Twitter - Larry The Bird
Secara internasional, Twitter dikenal dengan logo burung birunya yang bernama "Larry the Bird".

Logo asli digunakan sejak peluncuran Twitter pada 2006 hingga bulan September 2010. Versi modifikasi logo Twitter diluncurkan saat Twitter mendesain ulang situsnya untuk pertama kali.

Pada 27 Februari 2012, seorang karyawan Twitter yang menangani platform dan API perusahaan berkicau mengenai evolusi logo "Larry the Bird", mengungkapkan bahwa logo tersebut dinamai berdasarkan Larry Bird, pemain NBA dari Boston Celtics. Pada 5 Juni 2012, Twitter meluncurkan logo ketiga yang di desain ulang, menggantikan "Larry the Bird" dengan logo baru yang dinamakan "Twitter Bird." Pada revisi logo ini, kata "twitter", dengan huruf "t" kecil, tidak lagi digunakan, dan burung menjadi satu-satunya simbol yang digunakan sebagai logo perusahaan. Menurut Douglas Bowman, desainer grafis Twitter, logo baru ini terinspirasi dari Gunung Bluebird.


Oke, sekian dulu bahasan tentang Sejarah Twitter. Untuk belajar twitter tentunya harus punya akun twitter terlebih dahulu. Cara registrasinya sangat gampang, cukup memasukkan Username, Password, Alamat Email dan No. Telpon. Setelah punya akun kita bisa mengedit informasi data diri kita di menu setting yang ada pada menu yang tersedia.

Untuk nge-tweet (membuat status), cukup ketik tweet kita pada text area yang ada diatas lalu tekan tombol Tweet. Perlu diingat bahwa maksimum jumlah karakter yang ditetapkan di Twitter adalah 140 karakter, sangat pendek namun kita akan terbiasa kok.

Sistem friendship di Twitter ada dua macam yaitu Following dan Follower. Following yaitu orang yang kita ikuti dan follower adalah orang yang mengikuti kita atau memfollow kita. Jika kita memfollow orang, belum tentu orang tersebut mau memfollow balik kita, begitu juga sebaliknya. Kita tidak harus memfollow balik orang yang memfollow kita.

Jika kita memfollow orang, maka tweet atau status orang tersebut akan tampil di timeline atau beranda kita. Tetapi tweet kita tidak akan tampil di timeline orang tersebut kecuali jika orang tersebut memfollow balik kita.

Kita dapat merespon atau mereply atau membalas tweet orang lain dengan melakukan "tag"nickname dari tweet kita atau langsung dengan mengklik ikon reply (tanda panah ke kiri).
Misalkan Jokowi membuat tweet seperti ini:
- @JokowiJKW Nanti jangan lupa coblos saya ya.
Kita dapat mereply atau membalasnya dengan melakukan tag ke dia di tweet kita:
- Oke pak Joko RT @JokowiJKW Nanti jangan lupa coblos saya ya.


Kode "RT" diatas kepanjangan dari Re-Tweet yang artinya melakukan reply tweet berisi komentar kita.

Lain halnya dengan Facebook Message, kalo di Twitter namanya DM (Direct Message). Direct Message adalah pesan pribadi yang tidak akan tampil ke orang lain. Syarat untuk mengirim DM adalah kamu dan dia saling follow, tidak boleh hanya kamu atau dia saja yang memfollow.

Ada juga fitur "Favorite", kalau di Facebook bisa disamakan dengan "Like".
Pada menu Mention, kita bisa melihat siapa saja yang mentag nama kita ditweet mereka.


Sekian dulu artikel Pengenalan Media Sosial - Twitter ini kami buat. Semoga artikel ini bisa berguna untuk pembaca yang baru mengenal Twitter. Jika ada penambahan, silahkan melalui kotak komentar yang sudah kami sediakan di bawah.

Baca juga artikel terkait dengan Twitter di:
- Menguak Prostitusi di Internet - Twitter Lady Escort
- Jack Dorsey - Bapaknya Twitter
Disqus Comments