Wednesday, July 23, 2014

Jack Dorsey - Bapaknya Twitter

Jack Dorsey - Bapaknya Twitter - Pembuat Twitter - Rahasia Twitter - Wikipedinet
Jack Dorsey - Bapaknya Twitter
Wikipedinet - Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Jack Dorsey (Bapaknya Twitter). Mungkin banyak yang belum pernah dengar tentang Jack Dorsey ini. DI kalangan media sosial kebanyakan taunya Mark Zuckerberg.

Jack Dorsey adalah web developer sekaligus pengusaha Amerika yang dikenal sebagai Bapaknya Twitter (The Father of Twitter) dan pendiri serta CEO Square (perusahaan layanan pembayaran pada perangkat seluler). Jack Dorsey lahir pada tanggal 19 November 1976, sekarang berusia 37 tahun). Pada tahun 2008, ia dinobatkan oleh MIT Technology Review TR35 sebagai salah satu dari 35 innovator paling bersinar di dunia yang berusia di bawah 35 tahun.

Pada 2012, ia dianugerahi penghargaan "Innovator of the Year Award" oleh The Wall Street Journal.

Masa Muda Jack Dorsey (Sumber: Wikipedia)

Jack Dorsey besar di St. Louis, Missouri. Ia dibesarkan sebagai penganut Katolik, pamannya adalah seorang pendeta Katolik di Cincinnati. Ia menghadiri sekolah Katolik Bishop DuBourg High School, lalu melanjutkan ke Universitas Sains dan Teknologi Missouri, dan kemudian pindah ke Universitas New York, disinilah ide tentang pembuatan Twitter muncul. Asal mula Twitter berawal dari forum  diskusi yang diselenggarakan oleh sebuah perusahaan podcast bernama Odeo. Jack Dorsey mengemukakan gagasannya mengenai penggunaan layanan pesan singkat untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Pengerjaan proyek ini dimulai pada tanggal 21 Maret 2006, ketika Dorsey memublikasikan pesan Twitter pertamanya pada pukul 9:50 PM PST. Pesan tersebut berbunyi: "just setting up my twttr"

Pada awal pendiriannya, CEO Twitter, Inc. dijabat oleh Jack Dorsey. Pada tanggal 16 Oktober 2008, Evan Williams mengambil alih posisi CEO, sedangkan Dorsey menjadi pimpinan eksekutif. Pada 4 Oktober 2010, Williams mengumumkan bahwa ia mengundurkan diri sebagai CEO. Dick Costolo, yang sebelumnya menjabat sebagai COO, menjadi CEO baru Twitter, Inc. Menurut blog Twitter pada tanggal 4 Oktober 2010, Williams tetap bekerja di perusahaan dan "berfokus pada strategi produk."

The New York Times melaporkan bahwa "Mr. Dorsey dan Mr. Costolo menjalin hubungan yang erat sepeninggal Williams." Menurut PC Magazine, Williams "tak lagi terlibat dalam kejadian sehari-hari di perusahaan". Ia berfokus untuk mengembangkan produk baru, namun tetap menjadi anggota dewan direksi Twitter, dan berjanji untuk "membantu dengan cara apapun yang ia bisa". Stone masih tetap bekerja di Twitter, namun ia juga bekerja sebagai penasihat di AOL.

Dorsey bergabung kembali dengan Twitter pada bulan Maret 2011 sebagai pimpinan eksekutif yang berfokus pada pengembangan produk. Dorsey juga menjabat sebagai CEO di Square, yang jarak kantornya tidak jauh dari kantor Twitter di San Fransisco. Pada September 2011, anggota direksi dan investor, Fred Wilson dan Bijan Sabet, mengundurkan diri dari keanggotaan Dewan Direksi Twitter. Pada bulan Oktober 2012, Twitter mengumumkan telah mempekerjakan mantan eksekutif Google, Matt Derella, sebagai direktur pengembangan bisnis.

Sampai saat ini Jack Dorsey masih menjadi pimpinan eksekutif dan memegang saham terbesar 5% di Twitter atau bernilai sekitar 1 Milliar US Dollar.

Sekian dulu artikel tentang Jack Dorsey - Bapaknya Twitter. Baca artikel terkait dengan Twitter disini:
- Pengenalan Media Sosial - Twitter
- Menguak Prositusi di Internet - Twitter Lady Escort

Jika ingin menambahkan atau melengkapi artikel ini, silahkan berikan komentar di kotak komentar yang kami sediakan di bawah.
Disqus Comments