Sunday, July 20, 2014

Koleksi Tools SEO Wajib Untuk Meningkatkan SERP

Koleksi Tools SEO Wajib Untuk Meningkatkan SERP Web Anda
Pada sesi kali ini, Wikipedinet akan berbagi informasi dan tips SEO yang umum digunakan Master SEO untuk meningkatkan kualitas SERP (Search Engine Results Page).

Selama ini Wikipedinet telah membuat beberapa artikel yang agak teknis tentang SEO, tapi kali ini kita istirahat sejenak karena yang yang akan dibahas dalam artikel ini adalah rangkuman dari beberapa tools yang biasa digunakan para Master SEO.



Mesin Pencari (Search Engines)


Kenapa ada SEO? Karena pengertian dari SEO adalah meningkatkan atau mengoptimalkan posisi website kita di mesin pencari. Tools yang paling dasar untuk SEO adalah mesin pencari (Search Engine) itu sendiri.

Dengan pencarian sederhana kita dapat melihat bagaimana halaman website kita maupun website kompetitor akan ditampilkan di halaman pencarian. Kita bisa memeriksa judul dan deskripsi meta (Meta Description). Jika website kita tidak muncul sama sekali, mungkin website kita mendapatkan penalti atau konten kita dianggap konten duplikat oleh mesin pencari. Kita bahkan dapat memeriksa jumlah halaman yang diindeks oleh mesin pencari yang kita gunakan.

Ada banyak yang dapat kita lakukan dengan mesin pencari. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari pencarian, gunakan operator pencarian lanjutan seperti site :, intitle :, inurl :, dll.

Alat Webmaster (Webmaster Tools)

Baik Google maupun Bing memiliki Webmaster Tools di mana kita dapat menemukan ribuan informasi tentang situs web kita. Kita dapat menemukan crawling errors, memeriksa status indeks, mengontrol sitemap, mendapatkan informasi traffic (lalu lintas pengunjung) dan lebih banyak lagi. Tool ini berfungsi sebagai dashboard untuk segala sesuatu yang mesin pencari lakukan ketika mengindeks situs web kita.

Layanan dibawah ini gratis dan diperlukan dua menit untuk saja untuk pengaturannya, jadi mengapa kita tidak akan menggunakannya?

Web Analytics Tools

Web Analytics adalah hal yang wajib dimiliki untuk setiap website. Tools ini bisa memberikan informasi berharga tentang "celah" yang kurang efisien dalam optimasi website kita di mesin pencari.

Bagaimana tools ini memiliki pengaruh pada SEO? Nah, kita dapat melihat di mana pengunjung Anda berasal (Google, Bing, Facebook, iklan ...), halaman yang mereka kunjungi, berapa lama mereka membaca di situs kita. Kita bahkan dapat melihat kata kunci (keywords) yang digunakan untuk menemukan pengunjung / visitor web kita di mesin pencari. Fitur umum dari tools ini juga menyediakan informasi tentang data geografis, analisis sosial, dan bahkan informasi arus pengunjung website kita. Berikut ini merupakan beberapa penyedia Web Analytics Tools:

Keyword Tools

Google Adwords - Keyword Tools - www.tipsdantrik.coSetiap pemilik website ingin menarik pengunjung sebanyak mungkin. Itulah mengapa pemilihan kata kunci yang tepat sangatlah penting. Sebelum memilih kata kunci yang tepat kita perlu menggunakan tools gratis yang disediakan oleh google, yaitu Adwords Keyword Tools.

Contoh sederhana: katakanlah saya sedang berencana menjual kaus sepak bola secara online. Apakah 'football jersey' kata kunci terbaik untuk digunakan? Atau saya harus menggunakan istilah 'football shirt'?

Untuk mendapatkan ide tentang potensi traffic pengunjung berdasarkan kata kunci, saya dapat menggunakan Adwords Keyword Tool. Ketika saya memasukkan kata kunci diatas bisa dilihat bahwa ada sekitar 110.000 pencarian per bulan untuk keyword 'football jersey', dan 165.000 untuk 'football shirt'. Dalam hal ini saya akan menggunakan kata kunci 'football shirt' seluruh situs dan membuat beberapa halaman arahan yang menargetkan 'football jersey' kata kunci.
www.tipsdantrik.co
Potensi Trafik dari dua kata kunci di Adwords Keyword Tool

Keyword Tools juga bisa memberikan ide-ide untuk halaman baru. Istilah 'football shirt kits' sering digunakan dalam pencarian, jadi saya mungkin akan membuat halaman untuk itu.

Kita juga bisa menerapkan beberapa filter (penyaringan). Kita dapat menyaring berdasarkan lokasi, bahasa dan perangkat dan juga memberikan informasi berharga mengenai iklan lokal.

Perlu diketahui bahwa penggunaan Keyword Tools hanya untuk research / riset saja. Kata kunci / keyword yang kita analisa belum tentu mengundang jumlah pengunjung sesuai dengan yang tertera di Keyword Tools. Namun demikian, data ini dapat memberikan kita ide yang baik tentang potensi kata kunci tertentu.

Google Trends

Google Trends - Tools SEO - www.tipsdantrik.coTools lain yang berguna dari Google yaitu Google Trends yang  bisa menunjukkan seberapa sering suatu kata atau istilah dicari. Volume pencarian relatif ke titik tertinggi dalam grafik (100) dan memungkinkan kita untuk menemukan trend yang sedang hangat dicari berdasarkan waktu tertentu.

Jika kita melihat pada volume pencarian untuk "christmas give idea", bisa dilihat bahwa istilah ini memiliki trend yang lumayan tinggi.

Data ini dapat digunakan untuk menganalisis perubahan mendadak pada traffic dan menemukan peluang baru. erlu diingat bahwa SEO tidak hanya tentang beradaptasi dan mengoptimalkan website, tetapi juga tentang kreatifitas kita dalam memprediksi dan menganalisa kemungkinan trend yang bakal meledak di masa depan.

SEO Software / SaaS

www.tipsdantrik.co
Ada ribuan penyedia jasa SEO tersebar di internet yang menyediakan Tools khusus untuk SEO. Di bawah ini kita akan menemukan beberapa layanan yang mungkin layak dijadikan pilihan:
  • Screaming Frog: software ini bisa meniru proses crawling dari mesin pencari. Tools ini membantu kita menganalisis website dari segi SEO onsite. Tools ini sangat berguna untuk situs web yang berukuran besar (banyak link) di mana memeriksa setiap halaman secara manual akan terlalu memakan waktu. Versi gratis dari Screaming Frog dibatasi hanya untuk 500 URL.
  • Xenu Link Sleuth: Tools ini memeriksa link yang rusak pada website kita. Tools ini juga berguna jika kita ingin menemukan konten yang terduplikasi. Tools ini juga sering digunakan pada situs-situs lain untuk mengidentifikasi peluang link-building.
  • Majestic SEO: Tools yang satu ini memiliki indeks link yang besar, yang memungkinkan Anda untuk melakukan pemeriksaan backlink (menganalisis link yang merujuk ke situs web Anda). Versi gratis cukup umum, sehingga kita perlu berlangganan secara berbayar jika ingin mengaktifkan semua fitur.
  • SEOmoz: salah satu paket tools favorit Wikipedinet. SEOmoz memiliki puluhan fitur seperti Rank Tracking, Competitive Analysis, On-Page Recommendation . Tapi sayangnya tools ini gratis selama 30 hari.
  • Open Site Explorer: ini adalah tools SEO lain yang setara dengan SEOmoz. Tools ini memungkinkan kita untuk memeriksa data link dari sebuah situs web dan membandingkannya dengan web pesaing. Fitur dan jumlah permintaan yang terbatas untuk pengguna non-berbayar.

SEO Browser

Tampilan www.tipsdantrik.co di Browseo.com
Tampilan Wikipedinet di Browseo.com
Tools ini sangat jarang digunakan para master SEO tapi lumayan berguna karena kita bisa melihat tampilan web kita yang muncul di search engine / mesin pencari dengan menggunakan browser khusus SEO seperti BrowSeo. Anda juga dapat memeriksa unsur-unsur penting lainnya, seperti judul halaman, judul, kode respon, dll.

Browser Plugins

Beberapa Tools SEO favorit saya adalah Browser Plugins. Tools ini sangat berguna jika kita ingin melakukan pemeriksaan cepat dari sebuah situs web.

Plugin untuk Google Chrome
  • SEO Site Tools: Plugin ini dikemas dengan fitur yang hebat. Kita dapat memeriksa data eksternal halaman, elemen halaman, Info domain dan masih banyak lagi. Bahkan meningkatkan Google Webmaster Tools dengan data tambahan.
  • Mozbar: toolbar ini menyediakan akses mudah ke semua fungsi besar SEOmoz, termasuk sangat berguna 'mozRank' tersebut. Jika ingin mengakses semua fitur, kita perlu meng-upgrade ke account SEOmoz Pro.
  • SEO for Chrome: Plugin ini dulu disebut 'Chrome SEO' kemudian berubah nama menjadi SEO for Chrome. Namun demikian, fiturnya masih sama dan berfungsi untuk meningkatkan strategi SEO.
  • PageSpeed ​​Insights: kecepatan halaman adalah salah satu faktor peringkat Google. Dengan plugin ini kita dapat menganalisa performa halaman kita.

Add-Ons untuk Mozilla Firefox

SEOQuake: Add-Ons ini benar-benar membantu karena tidak hanya menambah toolbar, tetapi juga menambahkan parameter khusus halaman untuk SERP.PageSpeed​​ Insights: kita bisa memeriksa kinerja website kita dengan Add-Ons ini. PageSpeed ​​Insights bekerja dalam Firebug add-on.
SearchStatus: dengan SearchStatus kita dapat menganalisis kepadatan kata kunci, memeriksa file robots.txt, meta tag, menemukan link kanonik dan banyak lagi.
Mozbar: toolbar yang sama dari Chrome. Banyak fitur tetapi kita memerlukan account SEOmoz Pro untuk membuka fitur penuh.


Informasi


SEO adalah bidang ilmu yang sering berubah; algoritma mesin pencari selalu diperbarui, tools SEO selalu bertambah dan berkembang, perubahan markup. Itulah mengapa penting bagi kita untuk tetap up to date dengan perkembangan terbaru dalam dunia SEO. Seperti yang kita semua tahu; pengetahuan adalah kekuatan. Anda dapat menggunakan situs web berikut untuk tetap up-to-date:
SEOmoz Blog: salah satu sumber informasi terbaik untuk anda yang tertarik dengan dunia Online Marketing. Tools ini memiliki blog YouMoz, di mana pengguna dapat memposting artikel.
Google Webmaster Help: Tools ini adalah channel YouTube dari Google Webmaster Tools. Kebanyakan video yang dibuat oleh Matt Cutts, kepala tim spam-nya Google. Dia biasa menjawab pertanyaan-pertanyaan tertentu dari para webmaster, seperti Black Hat SEO, permintaan peninjauan kembali, dan link yang tidak wajar.
Search Engine Land: website ini memberikan info tentang industri mesin pencari. Kita akan menemukan berita umum dan informasi serta tips dan trik seputar dunia SEO.Search Engine Watch: selain SEO, kita bisa menemukan artikel tentang analisis, media sosial, gadget/ ponsel. Situs inimerupakan sumber informasi yang pantas dijadikan Tools andalan para master SEO.
Twitter: Twitter merupakan sumber informasi terbesar dan ter-update. Kita bisa menemukan berita menarik atau artikel yang berhubungan dengan SEO setiap hari.

Kesimpulan


Selesai juga akhirnya! Semua Tools SEO diatas merupakan rangkuman dari dari beberapa tools wajib yang mungkin berguna untuk meningkatkan kualitas SEO website anda. Kebanyakan tools diatas disediak secara gratis. So, apa salahnya dicoba.

Sekian dulu ya agan-agan. Salam sukses selalu!

Baca juga artikel terkait tentang hobi nge-blog Anda dibawah ini:
- 5 Cara Membuat Blog Anda Terkenal
- Koleksi Tools SEO Wajib Untuk Meningkatkan SERP Web Anda
- Cara Menulis Artikel Untuk Meningkatkan Kualitas SEO Web dan Blog
- 10 Cara Cepat Meningkatkan Traffic dan PageRank Website
- 10 Alasan Saya Menjadi Seorang Blogger
Disqus Comments