Monday, November 10, 2014

10 Perusahaan Raksasa Yang Sukses Karena Ide Gila

Ide Unik Membuat Usaha - Wikipedinet
Pernah kepikiran gak kalau kebanyakan ide cemerlang itu berasal dari ide yang konyol? 18 perusahaan yang akan kami bahas di artikel ini adalah mereka yang menjadi sukses karena ide dan pemikiran yang di luar kepala. Kenapa mereka bisa sukses? Karena mereka berani mencoba dengan segala kreatifitas yang ada.

Berikut merupakan perusahaan yang memulai bisnisnya dengan ide yang unik dan tak terduga:


#1 Facebook: Mark Zuckerberg dan teman-temannya memulai Facebook dengan harapan Facebook harus menjadi pusat perhatian di industri internet. Ide gila Facebook ini dari nama buku tahunan beberapa universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini. (Sumber: Wikipedia)


#2 Dropbox: berhasil menjadi web penyedia layanan File-Sharing terbesar yang memungkinkan pemakaian di berbagai skala. Pendiri Dropbox, Drew Houston memperoleh ide mengenai Dropbox setelah USB Drive miliknya beberapa kali tertinggal ketika ia menjadi murid di MIT. Gagasan yang dimiliki oleh Drew Houston pada saat itu merupakan ide yang inovatif namun sulit untuk diterapkan. Tapi berkat kerja kerasnya, akhirnya hal yang diimpikannya itu menjadi kenyataan. (Sumber: Wikipedia)
 
#3 Amazon: Situs jual beli online terbesar di Dunia ini memulai bisnisnya dengan ide yang dianggap mustahil sebelumnya, yaitu menjual buku secara online. Seiring berkembangnya waktu, Amazon berhasil menjadi salah satu perusahaan dengan jumlah transaksi terbanyak di dunia.

#4 iOS: merupakan satu-satunya sistem operasi yang dibuat khusus oleh Apple. Ide awal pembuatan iOS ini muncul karena pihak Apple ingin membuat sebuah sistem operasi yang tidak bisa dijalankan di Windows, Mac OS dan bahkan Linux sekalipun.

#5 Google: Larry Page dan Sergey Brin mengerjakan tugas kampus yang menjadi proyek penelitian mengenai mesin pencari yang handal, cepat dan praktis. Dari penelitian itulah akhirnya mereka membangun Google Inc dan berhasil menjadi website mesin pencari terbesar di dunia..
 
#6 PayPal: berhasil menjadi perusahaan yang menyediakan jasa layanan pembayaran transaksi secara elektronik terbesar di dunia. Pada saat itu pembayaran atas transaksi yang dilakukan secara online sama sekali tidak terpikirkan. Mark Elon, Peter Thiel dan Max Levchin berhasil menjadi yang pertama memikirkan dan merealisasikannya.


#7 Instagram: Kevin Systrom merupakan tokoh yang sangat inovatif di kalangan perusahaan media sosial. Berbekal pengalamannya di beberapa perusahaan seperti Twitter dan Google, dia mengembangkan aplikasi paduan antara Facebook dan Twitter, namun kuhsus untuk pengolah gambar saja.

#8 LinkedIn: Ide awal dari Linkedin ada karena Reid Hoffman ingin menhubungkan orang berdasarkan status pekerjaan atau profesionalitasnya. Dan terbukti Linkedin pun berhasil menjadi perusahaan yang banyak digemari kalangan profesional yang ingin berbagi pengalaman dan bertukatr informasi lowongan pekerjaan secara online.

#9 Firefox: Ross dan Hyatt memimpikan sebuah browser ringan dan nyaman digunakan. Itulah awal diciptakannya browser mozilla Firefox yang merupakan proyek open source yang banyak digemari sejak awal peluncurannya yang bersifat gratis.

#10 Twitter: Berawal dari acara diskusi singkat yang diadakan sebuah perusahaan Podcast bernama Odeo. Jack Dorsey mengemukakan gagasannya tentang penggunaan pesan singkat yang dibuatnya dengan tujuan untuk komunikasi gratis yang bisa dilakukan dalam kerja kelompok. (Sumber: Pengenalan Twitter)

Nah itu dia 18 perusahaan yang sukses dari idenya yang sederhana. Semoga Tips Bisnis ini menjadi referensi bagi Anda yang ingin mencoba memulai usaha dengan ide yang unik dan kreatif.
Disqus Comments