Monday, November 24, 2014

10 Tools SEO Rekomendasi Dari Google

TOols SEO Rekomendasi Google - Wikipedinet

Tools SEO - Ada begitu banyak tools seo bertebaran di Internet mulai dari gratisan sampai yang harganya mencapai puluhan juta rupiah. Dari kesekian banyaknya tools tersebut masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Tahukah Anda kalau Google punya tools SEO yang lengkap dengan teknologi yang super disayangkan untuk tidak Anda coba.

Kali ini kami akan membahas tentang 10 tools gratis yang disediakan oleh Google sendiri. 10 Tools ini bisa menjadi bahan referensi untuk Anda terapkan pada situs web atau blog Anda. Selamat membaca!

#1. Google Webmaster Tools

Tools ini merupakan tools gratis dari Google yang fungsinya untuk mengecek seberapa dekat situs web atau blog kita dengan mesin pencari Google. Fitur-fitur yang ada pada Google Webmaster Tools ini tidak kalah dengan web penyedia layanan atau jasa SEO yang premium (berbayar).

Dengan menggunakan tools ini, kita bisa mencari tahu apakah situs kita ter-indeks dengan baik di mesin pencari Google. Silahkan cek langsung ke situs Google Webmaster Tools
*Tambahan; Bing (saingannya Google) juga memiliki fitur webmaster tools. Silahkan cek disini: Bing Webmaster Tools

#2. Google Analytics

Nah, tools SEO dari Google yang ini fungsinya lebih khusus untuk mengecek perkembangan traffic yang terjadi pada situs web atau blog. Google Analytics merupakan tools yang sangat populer dan selalu di update oleh Google.

Untuk mencoba tools ini, Anda perlu menaruh Tracking Code (kode khusus dari Analytics) pada website Anda agar bisa dilacak oleh Google Analytics.

#3. Google Adwords Keyword Planner

Keyword Planner (sebelumnya Keyword Tools) merupakan salah satu fitur yang ada pada Google Adwords (layanan iklan PPC dari Google). Tools SEO ini berfungsi untuk riset dan pengecekan keywords (kata kunci) yang pas untuk web kita.

#4. Google Trends (Trend Google)

Google Trends merupakan salah satu tools gratis dari Google yang bisa kita pakai untuk mengetahui trend yang sedang ramai dibicarakan (dicari) di mesin pencari Google. Cara penggunaannya kurang lebih mirip dengan Twitter Trending Topic (Trending Topik Twitter).

#5. Google Consumer Surveys

Masih ingat dengan Quick Count saat pemilihan presiden tahun ini? Kurang lebih fitur dari Google yang satu ini memiliki fungsi yang sama dengan Quick Count. Dengan tools ini kita bisa  membuat survey pertanyaan yang bisa menghasilkan leads (data klien) yang ter-segmen sesuai dengan pilihan kebutuhan kita. Di Indonesia masih jarang yang menggunakan fitur ini.

Kelemahan dari fitur ini adalah karena BERBAYAR. Biaya survey yang kita buat berkisar 10 sen (USD).

#6. Google PageSpeed Insights

Nah, kalau soal pengecekan loading speed suatu situs web atau blog, PageSpeed Insights jagonya. Kita bisa mengetahui seberapa cepat website kita di render oleh browser (pengguna). Kita juga bisa mengetahui penyebab lambatnya loading halaman situs web kita dengan menggunakan tools ini.

#7. Google Content Experiment Tools

Fitur ini merupakan salah satu fitur yang ada pada Google Analytics. Berikut merupakan kegunaan dari fitur ini:
  • Membandingkan hasil tampilan halaman web dari berbagai platform.
  • Menentukan berapa jumlah (persen) pengunjung web kita.
  • Memilih objek percobaan.
  • Mendapatkan update melalui email tentang bagaimana hasil test kita berlangsung.

#8. Google Places untuk Bisnis

Fitur ini merupakan paduan dari Google Page (Halaman Google Plus) dan Google Map (Peta Google). Fitur ini sangat berguna untuk meningkatkan posisi bisnis kita di mesin pencari Google.

#9. Google Alerts

Fitur Google Alerts kurang lebih seperti RSS Feed. Meskipun fitur ini bukan hal baru, tapi masih banyak web developer yang menggunakannya untuk mendapatkan info terbaru tentang perkembangan yang dilakukan oleh Google.

#10. Google Tag Manager

Kami sendiri masih sedang mempelajari fitur Google Tag Manager ini. Dari yang kami baca, fitur ini berfungsi untuk mengoptimalkan tampilan link kita di mesin pencari Google dengan tambahan snippets.

Kesimpulan

Oke, itu dia 10 Tools SEO Rekomendasi Dari Google. Mohon saran dan komentarnya jika ada kekurangan dalam penulisan artikel ini.

Terima kasih telah membaca!

Referensi: http://white.net/blog/10-free-google-tools-everyone-use/
Disqus Comments