Wednesday, May 6, 2015

Menghasilkan Uang Dari Blog Melalui Google Adsense

Menghasilkan Uang Dari Blog Melalui Google Adsense
Halo pembaca setia Wikipedinet! Buat kalian yang sudah lama ngeblog, mungkin kalian sudah tahu dengan fitur dari Google yang bernama Google Adsense. Bisa jadi salah satu dari kalian malah sudah mendapatkan penghasilan yang fantastis dari Adsense. Untuk yang udah mahir gak apa-apa kok lanjutin membaca seluruh artikel ini, kali aja ada satu atau dua hal yang mungkin belum kalian ketahuhi.

Sekedar review, Google Adsense merupakan fitur yang dikhususkan untuk para Publisher atau orang-orang yang memasang space iklan Adsense pada website atau blognya. Sebagai pokok bahasan kami hanya akan membahas tentang integrasi adsense menggunakan platform dari Google juga yang bernama Blogger atau Blogspot.

KENAPA HARUS BLOGGER?

Blogger Aman Untuk SEO
Blogger Aman Untuk SEO
Selain karena gratis, aktivitas ngeblog menggunakan Blogger sangat mudah. Kalian tidak perlu repot-repot lagi ngurusin soal beli nama domain atau ngurusin masalah SEO (Search Engine Optimization)  karena template blogger biasanya sangat ramah dengan SEO. Ngomongin masalah template, blogger sudah menyediakan beberapa template siap pakai yang bisa kalian pakai secara gratis. Enak bukan?

CARA MENDAPATKAN AKUN BLOGGER DAN ADSENSE

Syarat untuk mendapatkan keduanya adalah kalian wajib memiliki akun Google. Caranya, kalian harus punya akun Gmail. Untuk blogger, silahkan buat akun blogger di www.blogger.com. Untuk Adsense, silahkan mendaftar di adsense.google.com. Gampang bukan?

Namun, bagian yang tersulit adalah proses verifikasi dari Adsense. Kami pun pada awalnya sempat mengalami penolakan dari Google Adsense sebanyak 2 kali. Setelah percobaan ketiga barulah akun kami disetujui... Memang tidak ada kata instan di dunia ini, tapi jika kita berusaha tidak ada yang mustahil.

Ini tips untuk lolos verifikasi akun Google Adsense:
1. Khusus untuk kalian yang baru pertama kali mencoba blogger, buat sebuah blog yang berbahasa Inggris. Jangan dulu mendaftarkan blog kalian ke Adsense! Tulislah minimal 5 artikel berbahasa Inggris di blog baru kalian, dan biarkan selama 1 minggu. Supaya terlihat natural oleh Google, 5 artikel tersebut dikerjakan minimal 1 artikel per hari. Setelah 1 minggu barulah kalian siap untuk mendaftarkan blog tersebut ke Adsense, dan tunggu konfirmasi dari Adsense melalui email kalian.

2. Khusus untuk kalian yang sudah berulang kali ditolak oleh Google, buat akun Gmail yang baru kemudian ikuti tahap 1 diatas.

3. Jika kalian bosan menunggu selama itu, sekarang ada cara baru yang super instan yaitu buatlah video tentang apa saja dengan durasi minimal 5 menit kemudian upload video tersebut  ke Youtube. Saat ini Youtube sudah menjadi milik Google, dan akun Youtube bisa diintegrasikan dengan Adsense. Jangan mengupload video yang sudah pernah ada di Youtube! Kalian harus mengupload video hasil kreatifitas sendiri. Setelah mengupload video tersebut, akan muncul notifikasi dari Google yang menawarkan integrasi Adsense pada video itu.

BAGAIMANA GOOGLE MEMBAYAR PUBLISHER?

Kenapa sih Google mau membayar kita? Darimana Google dapat penghasilan? Mungkin beberapa dari kalian yang belum pernah mencoba Adsense ini berpikir skeptis atau kurang yakin dengan penghasilan yang bisa didapatkan dari Adsense.

Google mendapatkan penghasilan 90% dari layanan iklannya yang bernama Google Adwords. Adwords merupakan layanan pemasangan iklan yang dikhususkan untuk Advertiser atau orang yang ingin websitenya tampil di halaman terdepan mesin pencari, iklan di video Youtube, dan juga space iklan di blog atau situs yang menyediakan space iklan khusus untuk Adsense. Pemasangan iklan di Adwords berdasarkan keywords atau kata kunci. Setiap keywords memiliki harga yang bervariasi, untuk keyword bahasa Indonesia saat ini yang termurah berkisar Rp. 500 per klik, dan yang termahal berkisar Rp. 100.000. Pengiklan akan membayar untuk tiap klik yang dilakukan oleh pembaca iklan. Metode ini disebut CPC (Cost Per Click). Kami tidak akan membahas lebih lanjut tentang Adwords di artikel ini. Untuk pembahasan mengenai Adwords akan kami bahas di artikel yang lain.

Nah, untuk kalian yang menjadi Publisher, Google akan membayar kita jika memasang space iklan di blog kita dan ada yang melakukan klik pada iklan tersebut.

BERAPA PENGHASILAN YANG BISA DIDAPAT DARI ADSENSE?

Untuk penghasilan, Adsense menerapkan sistem PPC atau Pay Per Click. Kita akan dibayar jika ada yang melakukan klik pada iklan yang terpampang pada website atau blog kita. Ingat, jangan melakukan klik iklan Adsense pada blog sendiri, klik yang kita lakukan pada blog sendiri akan dianggap Fraud Click dan bisa menyebabkan akun Adsense kalian di banned atau dihapuskan oleh Google.

Bayaran dari Adsense untuk tiap klik yang dilakukan pengunjung website kita pun bervariasi, tergantung jenis iklan yang muncul di iklan kita. Kategori iklan yang muncul di blog kita ditampilkan secara acak. Diatas sudah kami jelaskan tentang harga keywords Adwords. Jika kategori iklan yang muncul CPC nya murah, maka jangan berharap kita mendapatkan PPC yang tinggi dari Adsense.

TENTANG WITHDRAWAL ATAU PENCAIRAN DANA DARI ADSENSE
Nah ini dia nih yang selalu ditunggu oleh semua blogger yang main Adsense. Tapi jangan senang dulu ya, minimal pencairan yang diperbolehkan oleh Adsense adalah $100 dalam 1 bulan. Jadi, selama blog kita belum mencapai angka tersebut, silahkan menunggu sampai total uang yang kita kumpulkan mencapai $100. 

Untuk withdrawal atau penarikan dana bisa melalui wired transfer dan juga melalui Western Union.

Terus, gimana donk cara mendapatkan PPC yang tinggi? Silahkan baca caranya dibawah ini.

CARA MENDAPATKAN PPC YANG TINGGI DARI ADSENSE

Untuk mendapatkan PPC yang tinggi dari Adsense, rahasianya adalah kita harus membuat blog yang isinya membahas tentang sesuatu yang nilainya tinggi juga. Pemilihan kategori blog akan dangat berpengaruh terhadap PPC yang akan dibayar oleh Adsense. Pemilihan kategori ini dikenal dengan istilah 'Niche'. Niche yang bagus akan memaksimalkan pendapatan kita dari Adsense.

Apa saja sih Niche yang PPC-nya mahal? Jika kalian pernah mencoba Adwords, disana kalian bisa menemukan yang namanya Google Keywords Tools. Kalian bisa menggunakannya secara gratis. Google Keywords Tools ini berfungsi untuk menganalisa harga dari kata kunci yang akan digunakan oleh Pengiklan Adwords untuk menentukan harga kata kunci yang akan digunakannya.

Sebenarnya, kalian tidak perlu menggunakan tools itu jika kalian kreatif. Berikut contoh Niche yang  yang memiliki High Paying Rate:
1. Blog yang berisi tentang layanan pengacara.
2. Blog yang berisi tentang layanan asuransi.
3. Blog yang berisi tentang Investasi.
4. Blog yang berisi tentang informasi teknologi (gadget, elektronik dan lainnya).
5. Blog yang berisi tentang otomotif (mobil dan motor).
6. Blog yang berisi tentang kesehatan.
7. Blog yang berisi tentang informasi properti (rumah, tanah, hotel, dan lainnya.

Gampang kan?! Silahkan kalian pilih salah satu Niche diatas, atau lakukan survey dan riset menggunakan Google Keywords Tools. Berikutnya kita akan membahas tentang cara memaksimalkan pendapatan dari Google Adsense.

CARA MENINGKATKAN PENGHASILAN DARI ADSENSE

Diatas sudah kami jelaskan sedikit pengenalan tentang Google Adsense. Sekarang kita akan membahas bagian yang paling sulit dari Google Adsense, yaitu bagaiman cara meningkatkan penghasilan dari Adsense. Untuk meningkatkan penghasilan dari Adsense butuh kesabaran yang ekstra. Kami sendiri butuh waktu  2 tahun untuk mempelajarinya, mulai dari proses pendaftaran, verifikasi yang sering ditolak, hingga akhirnya pendaftaran diterima dan saat ini sudah berhasil mendapatkan passive income dari Adsense walaupun belum banyak.

Sekedar informasi sekaligus motivasi, beberapa waktu lalu kami sempat membaca suatu artikel di sebuah blog yang didalamnya berisi hasil interview dengan seorang yang bekerja di Detik.com. Dia menyampaikan bahwa penghasilan detik.com yang didapat hanya dari Adsense saja mencapai Rp 70 juta dalam sebluan. Iri gak? Hehe... Benar atau tidaknya, kami tidak tahu. Rahasia mereka ternyata sangat sederhana, yaitu Traffic pengunjung. Semakin banyak traffic pengunjung yang kita datangkan ke blog kita maka akan semakin besar juga kemungkinan pengunjung yang melakukan klik di iklan Adsense kita.

Untuk mendatangkan traffic pengunjung butuh kesabaran yang tinggi, kita harus rajin mengupdate artikel di blog kita. Kalau perlu setiap hari minimal 2 artikel. Detik.com aja dalam sehari bisa lebih dari 20 berita yang ditulis, wajar kalau penghasilan Adsense mereka sangat besar.

Akan lebih baik jika kita kalian punya tim dan mengelola banyak blog. Jika dikerjakan sendiri tentunya akan sangat memeras otak dan memakan waktu yang sangat lama. Buat kalian yang masih sekolah atau kuliah tentunya membentuk tim akan sangat mudah.

Jika kalian sudah mengikuti tips diatas dengan konsisten, kami yakin dalam 2 tahun kedepan penghasilan kalian dari Adsense bisa mencapai lebih dari $10 per hari.

Kami rasa tips mendapatkan penghasilan dari Google Adsense ini cukup untuk saat ini. Untuk kedepannya, kami akan memberikan tips dan trik yang lebih heboh lagi. Ditunggu ya!

Mohon kritik dan saran apabila ada kekurangan dalam penulisan artikel ini. Salam blogger!

Ditulis oleh: Wikipedinet
Referensi:
- https://support.google.com/adsense/answer/1348732?hl=en
https://www.siteground.com/tutorials/adsense/tricks.htm
Disqus Comments