Sunday, December 21, 2014

3 Tips Melatih Otak Untuk Tetap Fokus

Tips Melatih Otak - Wikipedinet
Sangat wajar jika seorang pengusaha memiliki tanggung jawab yang lebih daripada mereka yang belum menjadi pengusaha. Bayangkan saja, seorang pengusaha harus bisa fokus mengatur karyawan, klien, email, telepon, dll. Seorang pengusaha harus bisa multi-tasking baik dari segi fisik maupun otak.

Otak kita sangat rentan terhadap gangguan. Dengan perkembangan teknologi yang merubah lingkungan digital saat ini otomatis membuat otak kita sangat sulit untuk fokus. Prinsip kerja otak kita sebenarnya sangat fleksibel dan mempunyai kapasitas penyimpanan yang luar biasa besar. Fakta ilimiah mengatakan bahwa kapasitas penyimpanan otak kita bisa mencapai 30 s/d 70 Triliun GB. Sampai saat ini belum ada perangkat harddisk yang bisa menyaingi daya tampung otak manusia.

Otak kita sengaja dirancang dengan kapasitas yang sangat besar karena sensitivitas-nya yang sangat peka dan sangat mudah mencerna dan beradaptasi dengan panca-indera kita. Hal itulah yang membuat manusia bisa melakukan aktivitas multi-tasking. Namun, kemampuan otak yang sanggup melakukan proses multi-tasking tersebut memiliki sisi negatif yaitu dari segi tingkat ke-fokus-an. Hal itu pula yang menyebabkan tingkat kecerdasan kita berkurang.

Otak tidak bisa merespon sesuatu yang belum ada di memori atau ingatan. Pada saat otak melakukan proses multi-tasking secara otomatis tingkat emosi kita meningkat. Pada saat emosi meningkat, kemampuan otak kita menyimpan data tidak bisa maksimal sehingga kita menjadi sulit untuk bisa fokus.

3 Tips Melatih Otak Untuk Tetap Fokus

Untuk bisa lebih fokus, kita perlu melatih kemampuan otak kita. Nah, kami punya 3 Tips khusus untuk melatih kinerja otak kita agar tetap fokus, silahkan simak dibawah ini:

1. Membuat Job Cek-List.

Biasanya yang kita lakukan pertama kali di kantor adalah melanjutkan sisa pekerjaan yang belum selesai di hari sebelumnya tanpa memikirkan tugas berikut yang bakal diberikan pada kita. Bekerja dengan cara seperti itu sangat menguras kapasitas otak kita.

Buatlah cek-list untuk semua tugas dan pekerjaan yang harus Anda kerjakan dalam seminggu, 2 minggu, sebulan bahkan setahun jika perlu. Tempelkan cek list terebut di meja kerja Anda dan biasakan untuk terus memperhatikannya. Hal ini bertujuan untuk memperingan kerja otak dalam menyimpan jadwal Anda.

2. Alokasikan Waktu Fokus Anda.

Survey mengatakan bahwa kebanyakan orang mempunyai saat-saat paling fokus sebanyak 6 jam dalam seminggu. Kita harus benar-benar memanfaatkan saat-saat fokus itu untuk melakukan pekerjaan yang paling berat menurut kita.

Kebanyakan orang bisa fokus dengan maksimal di pagi hari atau larut malam, dan riset dari NeuroLeadership Insitute menunjukkan bahwa 90 persen orang melakukan pemikiran terbaik mereka pada saat mereka berada di luar kantor. Anda harus bisa mengalokasikan waktu tersebut untuk menyelasikan tugas yang paling berat.

3. Melatih Pikiran Seperti Otot.

Sama seperti otot, ternyata otak kita juga perlu dilatih. Kalau otot dilatih akan menjadi semakin besar dan padat, sedangkan kalau otak dilatih agar bisa lebih mudah untuk fokus terhadap multi-tasking.

Nah cara melatih otak ini sangat gampang. Kita bisa mulai dengan mendengar lagu sambil melakukan minimal 2 pekerjaan sekaligus seperti membaca buku sambil mengetik pada komputer. Hal ini bisa dilakukan  5 menit sehari. Tambahkan durasi latihan fokus ini di hari berikutnya.

Itu dia tips sederhana dari kami dalam hal mengasah kemampuan otak.
Terima kasih :)
Disqus Comments