Thursday, December 18, 2014

Tips Mengatasi Virus Share Link Otomatis Facebook

Cara menghilangkan Virus Video Facebook

Beberapa minggu ini di Facebook heboh dengan link video "Wanita Mabuk Setelah Pesta", disusul dengan link video "Santri Mabuk Berat Setelah Pesta", dan yang palin baru saat ini adalah
"HEBOH !!! Gadis Mabuk Mencabuli Sebatang Pohon".
. Bagi orang awam mungkin mengira akun Facebooknya dibajak oleh hacker yang kurang kerjaan. Salah satu teman saya mengatakan sangat kesal dengan orang yang ngebajak akun FB-nya.

Kami menyebut oknum penyebar link video itu sebagai "Spammer" dan bukan hacker. Tujuan utama dari Spammer adalah mempromosikan sesuatu (diri, produk, jasa, dll) dengan cara "nakal".

ALUR KERJA VIRUS LINK VIDEO HEBOH DI FACEBOOK

Ada banyak sekali trik membuat malware yang bisa digunakan Spammer untuk mengeksploitasi Facebook. Facebook telah melakukan beberapa pembaruan untuk mengatasi celah keamanan-nya. Tapi secanggih apapun sistem yang dibuat tetap saja memiliki celah untuk disusupi oleh pihak yang "nakal". Kali ini media penyebarannya adalah melalui Addons dari browser Firefox maupun Chrome.



Pada kasus malware link video "Wanita Mabuk Setelah Pesta", "Santri Mabuk Berat Setelah Pesta" dan "HEBOH !!! Gadis Mabuk Mencabuli Sebatang Pohon", ketiga link tersebut mengarah ke website yang sekilas mirip Youtube. Namun jika kita jeli melihat di URL BAR kita bisa dengan jelas melihat link websitenya bukan Youtube melainkan link "ATASBERITA.INFO" dan "BERITAVIDEO.INFO".
Link Video Cewek dan Santri Mabuk Heboh


Untuk menonton video yang ada pada link tersebut, si Spammer memasang perangkap berupa link yang mewajibkan kita untuk melakukan instal plugin untuk bisa menonton. Begitu kita melakukan klik pada link dan melakukan instalasi plugin, barulah kita termakan perangkap dari si Spammer.

Dari alur kerja malware tersebut kita bisa mengetahui kalo si Spammer adalah seorang Internet Marketer. Dia bertujuan untuk mendongkrak traffic pengunjung website sekaligus link video Youtube-nya.

CARA MENGATASI PENYEBARAN LINK VIDEO MALWARE
("Wanita Mabuk Setelah Pesta", "Santri Mabuk Berat Setelah Pesta" dan "HEBOH !!! Gadis Mabuk Mencabuli Sebatang Pohon")

Diatas sudah dibahas mengenai alur kerja virus malware ini. Penyebabnya ternyata adalah kita sendiri yang kena "perangkap" karena melakukan instalasi plugin atau Addons pada Firefox dan Chrome.

Bagi Anda yang merasa jadi korban dan merasa sangat terganggu dengan malware ini, silahkan ikuti tahapan berikut ini untuk menghapus plugin video cewek dan santri heboh dari komputer Anda:

#  Hapus Plugin Extensions di Chrome
1. Buka browser Google Chrome Anda.
2. Ketik "chrome://extensions" pada kotak url (tanpa tanda kutip) dan enter.
3. Cari plugin yang bernama Atas Berita atau FullScreen atau OneTab atau nama plugin yang kira-kira mencurigakan.
4. Hapus plugin tersebut.
5. Restart Chrome.
6. Untuk jaga-jaga, sebaiknya ganti password Facebook Anda dan aktifkan fitur keamanan dari Facebook yang namanya Two Way Authentication.

# Hapus Plugin Addons di Chrome
1. Buka browser Firefox Anda.
2. Ketik "about:addons" pada kotak url (tanpa tanda kutip) dan enter.
3. Cari addons yang bernama Atas Berita atau FullScreen atau OneTab atau nama plugin yang kira-kira mencurigakan.
4. Hapus plugin tersebut.
5. Restart Firefox.
6. Untuk jaga-jaga, sebaiknya ganti password Facebook Anda dan aktifkan fitur keamanan dari Facebook yang namanya Two Way Authentication.

Nah, selesai sudah panduan Tips Mengatasi Virus Share Link Otomatis Facebook ini. Cara ini bisa Anda lakukan untuk beberapa kasus sejenis.
Trims :)

Referensi: vaksin.com
Disqus Comments