Thursday, October 8, 2015

Domain Blogger Makin Aman Dengan HTTPS

Domain Blogger Makin Aman Dengan HTTPS
Berita gembira buat para blogger yang tetap setia menggunakan menggunakan url blogspot.com ketimbang menggunakan TLD (Top Level Domain) seperti .com, .net, .info, dll. Kini blogspot mendukung fitur HTTPS yang bisa meningkatkan keamanan blog kita.

Perbedaan HTTP dan HTTPS

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) merupakan 'pintu' bagi klien (pengunjung sebuah situs) untuk mengakses sebuah website (server). Pada internet browser zaman dulu, kita wajib menggunakan tanda 'http://' sebelum menginput nama website yang kita inginkan, misalnya http://www.namawebsite.com. Kalau sekarang, browser sudah semakin canggih, kita tidak perlu menuliskan http:// karena sudah terotomatisasi di browser yang kita pakai.

HTTP tidak hanya menjadi pintu saja. Didalamnya terdapat protokol (aturan) yang mengatur koneksi atau transfer data antara jaringan komputer klien dan jaringan komputer server. Tanpa HTTP, kita tidak bisa mengakses data di server. Port yang digunakan pada http adalah 80 atau 8080.

HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) sama seperti HTTP namun yang membedakannya hanya dari lapisan keamanan saja. Pada HTTP hanya mengatur sesi permintaan data saja, pada HTTPS ditambahkan layer atau lapisan pengaman yang lebih elite. Keamanan yang dimaksud adalah mampu menjaga kerahasiaan data dan integritas data klien. Port yang digunakan pada https adalah 443.

Port HTTPS memberikan kita proteksi keamanan yang lebih dibandingkan dengan port http biasa. HTTPS mencegah data pribadi seperti pin, password, nomor kartu kredit, dll dicuri oleh para hacker yang tidak bertanggung jawab.

Fitur HTTPS Gratis untuk Pengguna Blogger

Berikut merupakan rilis dari pihak Google mengenai fitur HTTPS ini: https://googleonlinesecurity.blogspot.co.id/2015/09/https-support-coming-to-blogspot.html.

Di link tersebut terdapat berita peluncuran fitur HTTPS dan cara menggunakannya langsung melalui halaman admin blogspot Anda.
Disqus Comments