Saturday, October 10, 2015

Tips Mengembalikan Trafik Web Setelah Mengganti Nama Domain

Kali ini saya akan membagikan tips dan trik dalam kategori SEO. Tips ini saya dapatkan berdasarkan pengalaman pribadi setelah beberapa kali mengganti nama domain dan akhirnya menjadi Wikipedinet.

Resiko dan efek samping paling 'menyakitkan' bagi pemilik web saat mengganti nama domain adalah harus merelakan posisi ranking di mesin pencari menurun super drastis. Mesin pencari memegang peranan penting dalam SEO dan juga merupakan penyumbang trafik pengunjung terbesar. Dengan penurunan peringkat di mesin pencari sudah pasti trafik web atau blog kita akan berkurang juga.

Sedikit curhat, blog ini pada awalnya bernama klik-fb.com di tahun 2013 silam. Sesuai dengan namanya, saat itu saya sengaja membuat blog ini dengan tujuan untuk membagikan tips seputar Facebook sekaligus memasarkan jasa pasang iklan di Facebook. Pada saat itu trafik pengunjung blog ini hanya berkisar 100 - 150 pengunjung.

Saya menyadari penyebab sepinya pengunjung tersebut karena tema blog tersebut tidak terlalu banyak peminatnya. Kemudian pada tahun 2014 blog ini saya kembangkan menjadi blog yang membahas berbagai macam tips dan trik mulai dari teknologi, ide bisnis, internet marketing, dan ide kreatif lainnya. Untuk itu saya pun mengganti nama web ini menjadi Tipsdantrik.co.

Trafik pengunjung yang saya dapatkan setelah mengganti nama dari klik-fb.com menjadi tipsdantrik.co meningkat drastis menjadi 200 - 500 pengunjung setiap harinya. Bagi para blogger yang sudah master angka tersebut biasa-biasa aja. Hal ini sangat miris karena saya menyediakan jasa tambah trafik ribuan per hari tapi blog sendiri trafiknya sedikit.

Saya menyadari waktu yang saya habiskan untuk mengelola blog ini sangat minim karena ngeblog hanyalah hobi yang menjadi pekerjaan sampingan. Artikel aja jarang banget saya update. Jadi wajar kalau trafik yang saya peroleh hanya segitu.

Lagi, saya mengganti nama blog ini dengan nama Wikipedinet karena alasan yang mungkin malu-maluin untuk kalian baca. Dari domain top level .co menjadi domain gratisan bawaan blogger yaitu .blogspot.com. Saya sengaja mengganti domain blog ini karena faktor ekonomis semata. Domain tipsdantrik.co tahun lalu saya beli di Godaddy dengan harga 150 ribu sekarang jadinya 450 ribu. Harga tersebut termasuk mahal bagi blogger 'pas-pasan' seperti saya. Cek layanan jasa tambah traffic saya di link berikut: Jasa Tambah Trafic Pengunjung Web.

Namun hal itulah yang menjadi tantangan utama bagi saya. Dari pengalaman sebelumnya, saya akan membagikan tips bagaimana cara mengembalikan trafik pengunjung dan posisi ranking di Google dan mesin pencari ternama lainnya setelah mengganti nama domain. Silahkan simak tips dan langkah-langkahnya dibawah ini:

1. URL Renaming. Tahap ini wajib dilakukan bagi kalian yang sering menyisipkan link atau tautan dari halaman satu ke halaman lainnya secara manual. Istilah SEO-nya internal linking. Ganti url domain pada semua tulisan teks maupun gambar menjadi domain kalian yang baru. Misalnya http://www.tipsdantrik.co/p/panduan-lengkap-belajar-seo.html menjadi http://wikipedinet.blogspot.com/p/panduan-lengkap-belajar-seo.html. Ingat, yang diganti hanya url domainnya saja.

2. Resubmit Webmaster Tools. Setelah mengganti semua url pada tiap halaman dan artikel, langah selanjutnya adalah submit ulang blog kalian ke Google Webmaster Tools dan Bing Webmaster Tools. Perlu diketahui ketika kita mengganti nama domain, link rss feed untuk sitemapnya juga akan berubah.

3. Resubmit Analytics Tools. Khusus untuk kalian yang menggunakan Analytics tools seperti Google Analytics, Ahrefs dan yang sejenisnya wajib untuk melakukan submit ulang.

4. Resubmit Backlink. Mengganti nama domain sudah pasti memiliki resiko hilangnya semua backlink yang sudah kita bangun selama ini. Proses resubmit backlink bisa menjadi tahap tersulit seandainya jumlah backlink yang dimiliki ratusan apalagi ribuan.

5. Social Media Renaming. Tahap ini khusus bagi kalian yang mengintegrasikan web atau blog dengan situs media sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus, dll. Kita wajib memberitahukan perihal perubahan nama domain kepada seluruh audience di situs media sosial kita.

6. Wait & See. Setelah melakukan semua tahap diatas, selanjutnya kita tinggal menunggu. Mengembalikan posisi ranking di mesin pencari setelah merubaj nama domain tidak bisa instan. Menurut pengalaman yang kami alami, butuh waktu 1 sampai 6 bulan bagi mesin pencari untuk mengindeks ulang web atau blog Anda.

Itu dia tips mengembalikan posisi ranking dan trafik pengunjung web setelah mengganti nama domain.

KESIMPULAN

Tidak ada kata instan dalam SEO. Begitu pula dengan proses pengindeksan ulang web atau blog oleh mesin pencari setelah kita mengganti nama domain. Saran kami, pertimbangkanlah dengan matang sebelum mengganti nama domain. Nama domain itu layaknya nama perusahaan. Mengganti nama domain sama halnya dengan mengganti nama perusahaan. Saya sudah mengalami betapa sulitnya hal tersebut. Namun, itulah resiko yang harus dipikirkan sebelum mengganti nama domain. Semangat!

UPDATE

Update ini saya tambahkan untuk melengkapi tahap 2 (Resubmit Webmaster Tools). Khusus untuk pengguna Google Webmaster Tools, ada fitur spesial yang bernama Fetch As Google. Fitur ini merupakan tools yang berfungsi untuk mempermudah sekaligus mempercepat proses crawling mesin pencari Google dalam mengindeks tiap url halaman atau artikel di web maupun blog kita.
Disqus Comments