Wednesday, November 19, 2014

Panduan Dasar Belajar Teknik Remarketing

Panduan Remarketing Dasar - WikipedinetTips& Trik - Apa kabar sobat blogger? Pada artikel sebelumnya kami membahas tentang beberapa perusahaan yang sukses hanya dengan ide yang unik dan sederhana. Bagi yang belum membaca mungkin bisa mampir disini: 10 Perusahaan Raksasa Yang Sukses Dengan Ide Gila.

Nah kali ini kita masih berkutat di "Ide Unik" yang bisa Anda coba terapkan di usaha yang sudah ada maupun usaha yang sedang Anda rencanakan. Ide unik ini bisa Anda terapkan via online maupun konvensional (offline). Topik yang akn kita bahas kali ini adalah "Remarketing".

Panduan Lengkap Belajar Teknik Remarketing




Apa itu Remarketing?

Remarketing sebenarnya bukanlah hal baru di dunia bisnis dan pemasaran. Jika Anda pernah mendengar istilah "Retargeting" mungkin akan mempermudah Anda menguasai teknik Remarketing yang kami sampaikan disini.

Remarketing adalah teknik pemasaran yang dilakukan secara looping atau berulang kepada target (leads) yang sudah pernah dituju guna menyaring leads yang sudah ada. Lho, kok ngulang lagi sih? Bukannya hanya buang waktu dan biaya saja?. Bagi Anda yang belum pernah mencoba trik ini mungkin terlihat "ngaco". Sabar, mari kita bahas lebih detailnya.

Teknik remarketing bertujuan untuk menjangkau target (leads) yang sudah pernah membeli barang Anda dan juga yang pernah melihat iklan Anda namun belum melakukan pembelian.



Contoh Remarketing Yang Sederhana

Teknik Remarketing mempunyai manfaat yang unik yaitu target (leads) yang kita tuju adalah orang yang sudah mengetahui bahkan sudah akrab dengan produk atau jasa yang kita jual. Contoh paling sederhana mungkin sudah sering Anda lakukan di Facebook.

Anda memiliki 2 foto dengan tema/latar yang berbeda yang Anda upload di Facebook. Pada foto pertama Anda melakukan "Tagging" sebanyak 50 teman. Dari 50 teman yang Anda tag tersebut ada 10 yang menyukai foto, 5 orang yang memberi komentar. Hal serupa anda lakukan di foto kedua dan hasilnya (like dan komentar) hampir sama dengan foto sebelumnya namun yang memberi like dan komentar tersebut dari teman yang berbeda.

Nah, contoh sederhana diatas merupakan contoh Remarketing sederhana yang biasa kita lakukan di Facebook.

Online Ads Remarketing

Dalam dunia Advertising (iklan) secara online, teknik remarketing berperan sangat penting dalam meng-konversi leads yang sudah ada menjadi leads yang lebih valid. Remarketing dalam dunia online advertising memberikan kemudahan bagi pengiklan karena mereka tidak perlu menentukan target melainkan mengolah leads yang sudah ada. Dalam hal ROI (Return On Investment) bisa lebih terukur.


Beberapa teknik remarketing yang bisa kita lakukan secara online adalah sebagai berikut:
1. Facebook Ads. Fitur iklan yang disediakan oleh Facebook. (Berbayar)
2. Google Adwords. Fitur iklan yang disediakan oleh Google. (Berbayar).
3. Iklan Baris. Iklan yang dipasang melalui web atau blog penyedia space iklan. (gratis dan berbayar)
4. Email Remarketing. Teknik remarketing menggunakan email. (Gratis)
5. Sosial Media. Contoh ada diatas. (Gratis)

Dalam dunia online, teknik remarketing ini diusung pertama kali oleh Google melalui Adwords. Google Adwords sangat mendukung teknik remarketing ini. Bisa Anda baca disini: https://support.google.com/adwords/answer/2454064?hl=id.

Google Adwords menggunakan fitur Leads Conversion (konversi) yang sangat canggih. Leads yang pernah meng-klik iklan Adwords (link pengiklan) akan tersimpan sebagai data Leads Conversion melalui kode token yang diatur secara acak. Data tersebut kemudian bisa diakses oleh pengiklan apabila pengiklan berniat untuk melakukan teknik remarketing. Lebih jelas mengenai Konversi Leads bisa dibaca disini: https://support.google.com/adwords/answer/6365?hl=id.

Nah, kami rasa pengenalan dasar mengenai teknik remarketing ini cukup sampai disini. Dibawah ini merupakan artikel lainnya yang membahas tentang Trik Remarketing ini:
1. Facebook Ads Remarketing: Membuat Custom Audience
2. Trik Remarketing Menggunakan Google Adwords
3. Trik Remarketing Menggunakan Email

Terima kasih sudah membaca artikel kami yang sederhana ini. Silahkan dipraktekkan dan semoga sukses!
Disqus Comments