Friday, October 31, 2014

Optimasi Internal Link Untuk Meningkatkan Peringkat Sebuah Blog

Tips Dan Trik Internal Linking Untuk SEO - Wikipedinet
Tips SEO - Menggunakan Internal Link di setiap artikel pada blog atau situs website sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas SEO blog atau situs website itu sendiri.

Apa sih Internal Link itu? Mungkin beberapa dari pembaca sering mendengar istilah ini tapi belum sempat mempelajari kegunaannya apalagi sampai mempraktekannya langsung. Nah, kali ini kami akan menjelaskan kepada pembaca mengenai trik Internal Linking dan bisa langsung Anda praktekkan saat ini juga.

Internal link merupakan tautan yang disisipkan pada sebuah artikel atau halaman web yang menghubungkan artikel  yang satu dengan yang lainnya. Kurang lebih Internal Link ini berfungsi seperti menu navigasi namun ditujukan untuk menghubungkan artikel yang sekiranya terkait atau penting untuk dibaca atau berupa artikel lanjutan dari artikel yang sebelumnya.

Contoh sederhananya, artikel yang kami buat ini berisi tentang Tips SEO. Kebetulan kami sudah pernah membuat beberapa artikel tentang Tips SEO, maka kami akan menyisipkan referensi Tips SEO lainnya dibawah ini:
- 5 Cara Membuat Blog Anda Terkenal
- Cara Menulis Artikel Untuk Meningkatkan Kualitas SEO Web dan Blog
- Koleksi Tools SEO Wajib Untuk Meningkatkan SERP Web Anda 
- 10 Cara Cepat Meningkatkan Traffic dan PageRank Website - Juara SEO

Nah, diatas itu merupakan contoh sederhana penggunaan Internal Link. Ada banyak sekali ide kreatif dalam menggunakan trik Internal Linking ini. Ada juga cara otomatis dalam memasang Internal Link yaitu dengan memasang widget atau script Related Articles (Artikel Terkait). Jadi, kita tidak perlu repot mengetik ulang. Silahkan coba widget di bawah ini:

- Untuk Blogger: LinkWithin


- Untuk Wordpress: Yet Another Related Posts Plugin


Tools diatas merupakan tools yang paling sering dipakai oleh pengguna Blogger dan Wordpress saja. Anda bisa juga membuatnya sendiri sesuai dengan platform yang Anda gunakan. Silahkan biasakan diri Anda mencari panduannya melalui Google.


Notes:
Trik Internal Linking yang kami berikan ini merupakan trik yang aman dan ramah bagi pembaca dan  mesin pencari Google. Buatlah Internal Link yang relevan untuk pembaca blog Anda. Jangan membuat pembaca merasa tertipu setelah membuka tautan yang Anda berikan. Selamat berkreasi!
Disqus Comments